Resolusi tahun baru untuk menjadi PENULIS yang lebih produktif

Apakah Anda berharap untuk menjadi penulis lebih produktif pada tahun 2012? Mari kita tinjau apa yang harus Anda lakukan.

1. Menulis setiap hari.

2. Berkomitmen untuk menulis setidaknya 90 menit setiap hari. ( atau menulis  15 menit tiap hari jika Anda berpikir Anda tidak punya waktu sehingga Anda tidak ketinggalan satu haripun dan lakukan secara kontinuitas.

3. Menulis tanpa istirahat. Setelah 1 ½ sampai 2 jam, biarkan diri Anda untuk istirahat dari menulis – beralih ke tugas non-menulis yang dapat menunjang Anda maju untuk maju (seperti membaca,  mencari kutipan, meninjau catatan,  atau mengedit apa yang telah ditulis). Namun setidaknya menulis  minimal 90 menit sebelum Anda bangun dari kursi Anda.

4. Anda akan lebih produktif jika Anda menulis hal pertama di pagi hari. Bahkan jika Anda menganggap diri Anda orang malam bukan orang pagi, Anda tentu akan lebih produktif menulis di pagi hari. ( Sayatidak berbicara tentang kemudahan atau tidak adanya tingkat kesulitan ataupun hambatan … namun lebih mengacu pada produktivitas).  Menulislah selama  90 menit setiap pagi dan segera selesaikanlah . Probabiitas untuk tidak melewatkan kesempatan untuk menulis tiap hari akan lebih sedikit jika Anda selalu menjadwalkan sehari sebelumnya. Namun jika Anda bersikeras Anda menulis lebih baik di malam hari, maka menulis kembali di malam hari.



5. Setelah Anda  dapat mengatasi rasa takut dan cemas yang membuat Anda bahkan malas untuk memulai menulis … setelah Anda membiasakan menulis setiap hari selama libur semester atau dalam jangka waktu tertentu, maka Anda telah membuat kebiasaan menulis pada diri Anda . Bahkan Anda dapat membuat jadwal untuk menulis sesekali tiap semester dimulai atau di tengah s rutinitakesibukan Anda yang lain.

Beberapa orang menganggapmenulis disertasi mereka atau tesis menjadi suatu pekerjaan – sesuatucyang harus mereka lakukan Senin sampai Jumat, dengan Sabtu dan Minggu off.  Namun dua hari berturut-turut Anda tidak menyempatkan sedikit waktu untuk menulis makan akan membuat Anda sulit untuk kembali menulis secara produktif.

Jadi pilihlah satu hari dalam seminggu untuk Anda bersama keluarga,  sahabat ataupun hal lainnya – dan jadikan hari tersebut sebagai hari Anda beristirahat untuk menulis.

6. Untuk hal yang awalnya memutuskan menulis untuk mengisi kesempatan maka jika terus dilakukan dengan rutin dan fokus Anda akan menjadi seorang penulis yang produktif. Berikut ini ada salah satu saran :

Ada dua daftar kerja yang Anda butuhkan untuk menulis:  Sebelum Anda mulai menulis setiap hari, buatlah daftar yang mencakup segala sesuatu yang Anda harus lakukan setelah waktu menulis Anda sudah berakhir. Masukkan dalam daftar Anda dan jangan pernah berfikir akan hal ini saat Anda sedang menulis.  Allen (2003) menekankan pentingnya membuat daftar ini, secara tertulis, tidak dalam daftar mental, ketika ia menunjukkan inefisiensi RAM psikis.

“Kepala Anda mungkin bukan tempat terbaik untuk menjaga segala sesuatu hal yang Anda pikirkan,… jangan hanya meninggalkannya dalam pikiran, komitmen diri ini membuat loop tak terbatas yang membuat tidak ada kemajuan dan menghasilkan konflik batin dan stres.

Segera setelah Anda membuat semacam komitmen dengan diri sendiri, jika tidak selesai pada saat ini, pikiran Anda akan menuntut dan mengambil energi psikis sampai hal tersebut akhirnya dapat diselesaikan.

“Jika saat Anda sedang menulis, pikiran yang berhubungan dengan apa yang akan Anda tulis berikutnya muncul secara tiba-tiba dan perlu diselesaikan , segera sempatkan beberapa detik untuk menuliskan hal tersebut ke dalam daftar, kemudian berenti memikirkannya hingga Anda selesai menulis.

Dan ada daftar kedua yang Anda harus buat : Jika saat Anda menulis Anda memikirkan beberapa tugas yang terkait tetapi non-menulis, tuliskan pula hal tersebut di dalam daftar.

“Mengapa membuat suatu daftar tentang tulisan Anda.? Karena saat Anda menulis Anda hanya harus fokus terhadap apa yang Anda tulis. Teruslah menulis. Setelah 90 menit dan telah selesai, maka Anda dapat beralih ke non-menulis maupun tugas yang berhubungan dengan proyek Anda. Anda akan menghasilkan lebih banyak menulis dengan metode ini.

Jadi, apakah Anda sudah memulai menulis hari ini?

Source : Allen, D. (2003). Ready for anything: 52 productivity principles for work and life. New York: Penguin Books.

About tyafitria

Life is a one time offer, use it well.

Posted on September 21, 2011, in Tips & Trick, Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: